Halaman

Kamis, 25 Juli 2013

Rombongan Umroh


Merantau ke Dubai ternyata tidak seseram yang aku bayangkan dulu, bahwa disini akan kesepian, jauh dari teman dan sebagainya. Dubai adalah kota kecil dan lebih dari seratus ribu orang Indonesia mengadu nasib di sini. Jadi, mana mungkin kesepian kalau teman setanah air banyak disini. Makan di rumah makan Indonesia ketemu kenalan, tetangga apartemen orang Indonesia bahkan tak jarang yang bertetangga kamar di satu apartemen.

Jadi bukan hal yang aneh jika di tempat-tempat umum seperti mal kita bertemu dengan saudara sebangsa. Namun suatu sore pengalamanku berbeda dengan biasanya.

Di sebuah jalan menuju Gold souq, pasar emas terbesar di Dubai, aku jalan beriringan dengan suami dan kedua putriku. Tiba-tiba aku mendengar seseorang bicara dengan logat yang sangat aku kenal.
Jalan di depan Gold souq 

Wong-wong nang endi kabeh, seh (orang-orang kemana semua)?” kata seseorang kepada temannya di sebelahku dengan dialek Surabaya. Keduanya memakai seragam batik warna hijau.
Nggoleki sopo, Mas ( mencari siapa, Mas)?” spontan suamiku menjawab. Meskipun asli dari Bali tapi suamiku sangat fasih berbahasa Jawa.

Kedua orang itu bengong memandang kami. Setelah bertanya-tanya, kami baru tahu jika mereka adalah rombongan umroh dari Surabaya yang sedang transit di Dubai. Senang rasanya bisa ngobrol dengan gaya Suroboyoan di tengah kota Dubai.

Lain lagi ketika kami selesai menyaksikan pertunjukan  air mancur menari di Dubai mal. Awalnya aku tidak memperhatikan rombongan orang yang berjalan di depanku. Sampai akhirnya suamiku membidikkan kameranya pada salah satu peserta  rombongan dan terbaca “Sari Ramada” di hijabnya.
Rombongan umroh di Dubai mal


Kudekati ibu yang berjalan paling belakang dan kusapa dalam bahasa Inggris karena aku belum yakin kalau mereka orang Indonesia. Awalnya si ibu diam saja memandangku. Tapi begitu aku nyebut kata Indonesia, dia langsung menjawab “iya” sambil tersenyum.
Kami sempat ngobrol-ngobrol sebentar dan ternyata mereka adalah rombongan umroh dari Jakarta.

Wah, Dubai semakin terkenal saja di Indonesia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar