Halaman

Minggu, 25 Agustus 2013

Dubai Miracle Garden

Pintu masuk Dubai Miracle Garden

Dubai Miracle Garden adalah areal seluas 72.000 meter persegi yang disediakan untuk memanjakan mata pengunjungnya dengan aneka bunga. Bisa kita bayangkan bagaimana lebih dari 45 juta bunga  tumbuh dalam satu kawasan yang tertata sangat apik. Bunga tumbuh di setiap sudut tempat dengan beralaskan rumput hijau di sekitarnya.

Tidak saja bunga yang ditata horizontal terhampar diatas tanah, namun berbagai bentuk tersaji pula dengan rangkaian bunga beraneka warna. Dari bentuk hati yang banyak di serbu pengunjung untuk sekedar mengabadikan kenangan. Bentuk lainnya juga tersebar seperti bentuk setengah lingkaran mirip iglo, rumah masyarakat yang tinggal di daerah kutub.
Iglo bunga


Ada pula bentuk piramida besar dengan luas dasar 144 meter dan tinggi kurang lebih dari 10 meter. Atau bunga yang dibentuk sebagai lambang negara United Arab Emirates.

Piramida bunga


Di kawasan ini terdapat lebih dari 45 jenis varitas bunga  seperti Calendula, Marigold, Petunia, Geranium, Lobelias, Argyranthemum dan lainnya. Bunga beraneka warna yang semua bijinya sengaja di datangkan langsung dari Jerman, Italia dan Amerika Serikat. Biji bunga dengan kualitas F1 (utama) yang berarti biji-biji tersebut adalah biji hibrida yang tahan terhadap berbagai penyakit dan jamur. Selain itu biji dengan kualitas ini memiliki bentuk dan ukuran yang nyaris seragam sehingga akan menciptakan tatanan yang rapi dan apik.

Selain bunga dalam bentuk berbagai macam bidang, terdapat pula bunga dalam bentuk sepasang burung merak di tengah arena. Dengan anggun sepasang bunga burung merak itu saling berhadapan dengan ekor menjurai memanjang dari rangkaian Petunia.

Sepasang merak di tengah kebun bunga



Merak bunga

Atau bunga yang di tata apik laksana air yang tumpah dari bejana. Sementara di depannya adalah mobil-mobil kuno yang di pajang berhais bunga beraneka warna.


Laksana air mengalir


Mobil bunga


Bahkan, Dubai Miracle Garden bersiap-siap menerima predikat sebagai dinding bunga terpanjang di dunia. Karena saat ini dinding melengkung yang mengitari taman bunga itu sedang di lamar untuk masuk dalam Guinness Record. Dengan panjang dinding sekitar satu kilometer, tak ada celah yang tidak ditumbuhi bunga.

Dinding bunga terpanjang di dunia


Proyek Dubai Miracle Garden ini sendiri sebenarnya sudah di mulai sejak 23 Nopember 2012 yang lalu. Namun baru di buka secara resmi untuk umum pada tanggal 14 Februari 2013 bertepatan dengan Valentine’s Day. Taman bunga yang di tumbuhi lebih dari 60 warna bunga ini mampu menjadi oase yang senantiasa memanjakan mata selain pemandangan gurun pasir di sekitarnya. Sehingga di harapkan taman eden ini kelak akan sanggup menjaring pengunjung sebanyak satu juta orang setiap tahunnya.

Narsis...ah


Dengan harga tiket masuk yang lumayan terjangkau, yaitu 20 dirham ( sekitar Rp. 50.000 ) tidak heran jika taman ini akhirnya menjadi tujuan wisata terutama keluarga sekaligus tempat belajar bagi anak-anak, karena disini juga terdapat tempat pembibitan bunga

Mengingat musim panas yang sangat ekstrim di Dubai, maka Dubai Miracle Garden ini hanya dibuka dari bulan Oktober hingga Mei setiap tahunnya. Bulan April adalah awal musim panas dan akan berakhir kala memasuki bulan Oktober.

Maka dari itu, pada bulan-bulan masa penutupan taman adalah waktu yang digunakan untuk meremajakan dan menata ulang tanaman.


Cafe-cafe tenda


Taman bunga yang terletak di kawasan Dubailand ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 9 malam. Pengunjung, terutama bagi penggemar fotografi bisa memilih saat yang tepat untuk mengabadikan momen indah dalam jepretan kameranya. Selain terdapat tiga pintu masuk dari arah yang berlainan, Dubai Miracle Garden juga di lengkapi dengan sarana umum yang sangat baik. Toilet yang bersih terdapat di tiga pintu masuk, juga terdapat prayer room atau musola yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Bagi pengunjung yang ingin istirahat sejenak telah pula disediakan beberapa kios yang menyediakan makanan dan minuman beserta kursi dan tenda.
Juga di sediakan mobil  khusus untuk disable dan para lanjut usia (lansia) yang ingin menikmati keindahan taman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar